Rencana Pelayanan Bimbingan model baru

RENCANA PELAYANAN BIMBINGAN

  1. Topik/Pokok Bahasan              : Nilai hidup 
  2. Tugas Perkembangan                : Belajar memantapkan nilai hidupnya
  3. Bidang Bimbingan                     : Pribadi
  4. Jenis Layanan                           : Bimbingan kelompok/ klasikal
  5. Fungsi Layanan             : Pemahaman, pemeliharaan dan pengembangan
  6. Standar Kompetensi                 : Memiliki nilai-nilai hidup yang jelas/
  7. Kompetensi Dasar                    : Menyadari nilai-nilai hidupnya
  8. Indikator

Agar peserta :   1. Dapat mengidentifikasi nilai hidup yang mendasari pilihannya.

 2. Dapat menjelaskan usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

                             memantapkan minimal satu nilai hidupnya.

 

  1. Tujuan Global               : Peserta menyatakan bahwa kegiatan yang diikuti

  Bermanfaat baginya.

  1. Sasaran Pelayanan Bimbingan : Siswa Kelas XI
  2. Materi Pelayanan                      :

1. Nilai hidup yang mendasari pilihannya.

2.Usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

                           memantapkan minimal satu nilai hidupnya.

 

 

  1. Prosedur/Proses:

1. Metode(Pendekatan): Membaca,ceramah ekspresial;tanya jawab;diskusi.

2. Kegiatan dan Langkah-langkah (Prosedur):

 

Intrakulikuler

Kokulikuler

1. Menjelaskan tujuan dan membagi lembar pernyataan  “orang ajaib”

Peserta diminta menuliskan manfaat dan kesan yang diperoleh dari pertemuan ini dalam bentuk pernyataan hasil belajar.

2. Memberi peserta kesempatan untuk memahami lembar   “orang ajaib”(membaca dalam hati)

3. Mengajak peserta memilih peryataan sesuai dengan kebutuhannya

4. Mempresentasikan dalam kelompok kecil(terdiri 5 sampai 7 orang) alasan memilih peryataan tersebut.

5.Membantu peserta menyimpulkan hikmah dari kegiatan dan mengajak peserta membaca handout

6.Menjelaskan tugas (kegiatan kokulikuler)

7.Mengevaluasi kegiatan dan mengumpulkan balikan

 

  1. Tempat Penyelenggaraan          : Ruang Kelas
  2. Waktu (Tanggal,Jumlah menit: …;45 menit
  3. Penyelenggaran Pelayanan        : Agung Hananto
  4. Pihak-pihak yang Disertakan dalam Penyelenggaraan Pelayanan dan Peranannya Masing-masing: –
  5. Alat                                          : 1. 12 pernyataan orang ajaib

  2. Daftar pertanyaan

  3. Handout

  4. Lembar Evaluasi (Pernyataan Hasil Belajar)

  1. Evaluasi

1. Spesifik:

                        1. Identifikasikanlah nilai hidup yang mendasari pilihannya!

2. Jelaskanlah usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

                            memantapkan minimal satu nilai hidupnya!

 

 

2. Global:

Dalam kertas tersendiri –nama boleh ditulis,boleh tidak – peserta diminta menuliskan seberapa banyak manfaat kegiatan yang telah diikuti bagi dirinya sendiri,dengan membuat”pernyataan  hasil belajar”

  1. Rencana Tindak Lanjut                         : Peserta diminta memberikan balikan mengenai

kegiatan dan RPB ini.

  1. Catatan khusus                         :

PERTANYAAN

1. Dari 10 pernyataan “orang ajaib” manakah yang sesuai kebutuhan /anda inginkan?(pilih 3)

2. Usaha apa yang sudah anda lakukan untuk mencapai kebutuhan anda?

 

 

HANDOUT

  1. Nilai hidup yang mendasari pilihannya.

Berikut adalah contoh nilai hidup yang bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan nilai hidup anda :

  1. Kekuasaan

Mampu menguasai, menundukkan, atau mempengaruhi orang lain.

  1. Cinta

Rasa kasih sayang yang kuat, kemesraan, ikatan batin dan hubungan saling menghargai serta setia, saling menghormati,memikirkan kepentingan, kebutuhan dan kebaikan orang lain.

  1. Keindahan

Kemampuan untuk menghargai dan menikmati hal-hal yang indah, seras, bagus.

  1. Keadaan Fisik

Keadaan fisik yang serasi cantik/ganteng.

  1. Kesehatan

Keadaan yang selau segar, sehat dan tidak pernah sakit.

  1. Keterampilan

Kemampuan melakukan berbagai hal dengan tepat, cepat dan mudah.

  1. Rasa Sejahtera dan Aman

Bebas dari tekanan, kecemasan, dan konflik-konflik batin, hati damai, tenang dan tenteram.

  1. Pengetahuan

Memiliki informasi, kebenaran, prinsip-prinsip yang dapat memuaskan rasa ingin tahu, atau kemampuan untuk mengetahui apa yang diinginkan.

 

  1. Moral

Pemikiran, keyakinan, dan tindakan yang sesuai dengan norma-norma yang diterima di masyarakat.

  1. Keagamaan/Religiusitas

Memiliki iman yang kuat kepada  Tuhan Yang Maha Esa dan dapat hidup sesuai dengan ajaran agama.

  1. Keadilan

Sikap adil, sifat tidak memihak atau membeda-bedakan orang, menghargai kebenaran, fakta, mampu memperlakukan orang lain secara adil.

  1. Penghargaan/ Pengakuan

Merasa diri penting, berharga dan mendapat perhatian serta penghargaan dari orang lain.

  1. Kesenangan

Perasaan senang, puas, nikmat, gembira.

  1. Kejujuran

Keluhuran hati,ketulusan hati,kesungguhan hati, keterus-terangan.

  1. Prestasi

Hasil yang dicapai berdasarkan usaha.

  1. Otonomi

Kemampuan untuk berdiri sendiri dan tidak dikontrol/dikuasai oleh orang lain.

  1. Kesetiaan

Keteguhan hati dalam persahabatan,dalam ikatan dengan kelompok atau lembaga tertentu.

  1. Kekayaan

Memiliki banyak harta benda yang berharga dan uang yang banyak.

 

 

 

 

 

 

 

 

2.Usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

    memantapkan minimal satu nilai hidupnya

Menetapkan Sasaran Satu Menitku

Aku mengajar diri sendiri tentang apa yang ingin kupelajari bila:

  1. Aku mengambil waktu berpikir dengan tenang tentang apa yang benar-benar kuinginkan untuk mengajar diri sendiri.Kemudian aku memutuskan apa yang menjadi sasaranku.
  2. Aku menulis sasaranku dengan kata ganti orang pertama,dan dalam waktu sekarang,seolah-olah aku telah mencapainya.(Misal: “Aku sedang menikmati nilai B dalam pelajaran Logika.”)
  3. Aku menulis sasaran-sasaranku dengan singkat ,sehingga aku bisa sering membacanya hanya dalam waktu satu menit.
  4. Aku menulis sasaranku secara spesifik . Aku menetapkan tanggal tertentu untuk mencapainya.(Misalnya: Aku sedang menikmati nilai A pada ujian Bahasa Inggris kamis ini.”)
  5. Aku memakai kata-kata yang menyenangkan hati. (Misalnya: Aku menikmati . .. ) Setiap membaca sasaranku,aku membayangkan betapa senang rasa hatiku.
  6. Aku mengambil waktu semenit,beberapa kali sehari,untuk berhenti dan melihat sasaran-sasaranku serta melihat perilakuku,kemudian aku melihat apakah perilakuku sesuai dengan sasaranku.

Pujian Satu Menitku

  1. Aku memuji diriku dengan segera
  2. Segera setelah aku melakukan sesuatu dengan benar,aku mengatakan kepada diriku secara spesifik apa yang telah aku lakukan dengan benar atau hampir benar.
  3. Aku katakan kepada diriku betapa aku merasa senang tentang apa yang telah aku lakukan dengan benar.Aku berhenti beberapa detik untuk merasakan keberhasilanku.
  4. Aku mengingat diriku bahwa aku memang seorang yang baik.
  5. Aku mendorong diriku untuk terus melanjutkan perilaku baik yang sama itu karena aku ingin segera merasa senang lagi,tentang perilakuku dan diriku sendiri.

 

Pernyataan orang ajaib

 

  1. Orang ajaib ke satu : Ia selalu membantumu untuk mencapai apa yang  kamu inginkan.
  2. Orang ajaib ke dua  : Ia memastikan bahwa anda akan selalu mempunyai uang yang cukup keperluan anda.
  3. Orang ajaib ke tiga     : Ia memastikan anda selalu dapat menolong orang lain
  4. Orang ajaib ke empat : Ia memastikan anda selalu menjadi pemimpin/ketua
  5. Orang ajaib ke lima    : Ia memastikan bahwa anda akan selalu mendapat pujian dari orang lain
  6. Orang ajaib ke enam  : Ia akan menjamin bahwa anda akan mendapat perhatian dan penghargaan yang cukup atas usaha anda.
  7. Orang ajaib ke tujuh   :Ia memastikan anda bahwa anda mendapatkan banyak kesempatan mengikuti dan menikmati bermacam-macam kesenian.
  8. Orang ajaib ke delapan:Ia menjamin bahwa anda  selalu dilayani dan selalu merasa aman.
  9. Orang ajaib ke sembilan:Ia dapat memastikan bahwa anda akan menghasilkan banyak hal yangn baru/kreatif dalam kehidupan anda.
  10. Orang ajaib ke sepuluh: Ia menjamin bahwa anda akan banyak berjasa dalam membantu orang lain dan dapat memperbaiki kehidupan dunia.
  11. Orang ajaib ke sebelas: Ia dapat menjamin bahwa anda selalu dapat menggunakan bakat ,kemampuan dan keterampilan anda sebaik mungkin.
  12. Orang ajaib ke duabelas:Ia menjamin bahwa anda akan mengalami beberapa tantangan dan akan memberi kesempatan menanggung banyak resiko.

 

 

 

Sumber (Daftar Pustaka) :

Sinurat,R.H.Dj.(2011).Kumpulan Handout Praktikum BK Karier.Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma.

– Spencer Johnson,M.D. & Constance Johnson,M.Ed.(Alih bahasa: Drs.SigitPurwanto, Editor: Yati Sumiharti.S.E.(2005). Menjadi guru satu menit. Jakarta:PT.Erlangga

 Image

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s