Contoh SPB Untuk SMA/SMK

RENCANA PELAYANAN BIMBINGAN

  1. Topik/Pokok Bahasan             : Nilai hidup 
  2. Tugas Perkembangan              : Belajar memantapkan segi positif dalam dirinya
  3. Bidang Bimbingan                  : Pribadi
  4. Jenis Layanan                          : Bimbingan kelompok/ klasikal
  5. Fungsi Layanan                       : Pemahaman, pemeliharaan dan pengembangan
  6. Standar Kompetensi               : Memiliki segi positif  yang jelas.
  7. Kompetensi Dasar                   : Menyadari segi positif dalam hidupnya
  8. Indikator

Agar peserta :  1. Dapat menyebutkan segi positif  dalam hidupnya.

 2. Dapat menjelaskan usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

                             memantapkan minimal satu segi positif dalam hidupnya.

 

  1. Tujuan Global                         : Peserta menyatakan bahwa kegiatan yang diikuti

  Bermanfaat baginya.

  1. Sasaran Pelayanan Bimbingan : Siswa Kelas X
  2. Materi Pelayanan                    :

1. Pilihan segi-segi positif dalam hidup.

2.Usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

                           memantapkan minimal satu segi positif hidupnya.

 

 

  1. Prosedur/Proses:

1. Metode(Pendekatan): Membaca,ceramah ekspresial;tanya jawab;diskusi.

2. Kegiatan dan Langkah-langkah (Prosedur):

 

Intrakulikuler

Kokulikuler

1. Menjelaskan tujuan dan membagi lembar pernyataan  “segi-segi positif”

Peserta diminta menuliskan manfaat dan kesan yang diperoleh dari pertemuan ini dalam bentuk pernyataan hasil belajar.

2. Memberi peserta kesempatan untuk memahami lembar   “segi-segi positif”(membaca dalam hati)

3. Mengajak peserta memilih peryataan sesuai dengan keyakinannya.

4. Mempresentasikan dalam kelompok kecil(terdiri 5 sampai 7 orang) alasan memilih peryataan tersebut.

5.Membantu peserta menyimpulkan hikmah dari kegiatan dan mengajak peserta membaca handout

6.Menjelaskan tugas (kegiatan kokulikuler)

7.Mengevaluasi kegiatan dan mengumpulkan balikan

 

  1. Tempat Penyelenggaraan        : Ruang Kelas
  2. Waktu (Tanggal,Jumlah menit: Kamis, 29 Agustus 2013,40 menit
  3. Penyelenggaran Pelayanan      : Agung Hananto
  4. Pihak-pihak yang Disertakan dalam Penyelenggaraan Pelayanan dan Peranannya Masing-masing: –
  5. Alat                                         : 1. 31 daftar segi-segi positif

  2. Daftar pertanyaan

  3. Handout

  4. Lembar Evaluasi (Pernyataan Hasil Belajar)

  1. Evaluasi

1. Spesifik:

                        1. Sebutkan segi positif  dalam hidupnmu!

 2. Dapat menjelaskan usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

                             memantapkan minimal satu segi positif dalam hidupnya !

 

2. Global:

Dalam kertas tersendiri –nama boleh ditulis,boleh tidak – peserta diminta menuliskan seberapa banyak manfaat kegiatan yang telah diikuti bagi dirinya sendiri,dengan membuat”pernyataan  hasil belajar”

  1. Rencana Tindak Lanjut                       : Peserta diminta memberikan balikan mengenai

kegiatan dan RPB ini.

  1. Catatan khusus                                    :

Guru Pembimbing                                                                         Praktikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PERTANYAAN

1. Dari 31 pernyataan “segi positif” manakah yang sesuai diri anda /anda inginkan?(pilih 5)

2. Usaha apa yang sudah anda lakukan untuk mencapai segi positif anda?

 

 

HANDOUT

  1. Nilai hidup yang mendasari pilihannya.

Berikut adalah contoh nilai hidup yang bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan segi positif anda :

  1. Kekuasaan

Mampu menguasai, menundukkan, atau mempengaruhi orang lain.

  1. Cinta

Rasa kasih sayang yang kuat, kemesraan, ikatan batin dan hubungan saling menghargai serta setia, saling menghormati,memikirkan kepentingan, kebutuhan dan kebaikan orang lain.

  1. Keindahan

Kemampuan untuk menghargai dan menikmati hal-hal yang indah, seras, bagus.

  1. Keadaan Fisik

Keadaan fisik yang serasi cantik/ganteng.

  1. Kesehatan

Keadaan yang selau segar, sehat dan tidak pernah sakit.

  1. Keterampilan

Kemampuan melakukan berbagai hal dengan tepat, cepat dan mudah.

  1. Rasa Sejahtera dan Aman

Bebas dari tekanan, kecemasan, dan konflik-konflik batin, hati damai, tenang dan tenteram.

  1. Pengetahuan

Memiliki informasi, kebenaran, prinsip-prinsip yang dapat memuaskan rasa ingin tahu, atau kemampuan untuk mengetahui apa yang diinginkan.

 

  1. Moral

Pemikiran, keyakinan, dan tindakan yang sesuai dengan norma-norma yang diterima di masyarakat.

  1. Keagamaan/Religiusitas

Memiliki iman yang kuat kepada  Tuhan Yang Maha Esa dan dapat hidup sesuai dengan ajaran agama.

  1. Keadilan

Sikap adil, sifat tidak memihak atau membeda-bedakan orang, menghargai kebenaran, fakta, mampu memperlakukan orang lain secara adil.

  1. Penghargaan/ Pengakuan

Merasa diri penting, berharga dan mendapat perhatian serta penghargaan dari orang lain.

  1. Kesenangan

Perasaan senang, puas, nikmat, gembira.

  1. Kejujuran

Keluhuran hati,ketulusan hati,kesungguhan hati, keterus-terangan.

  1. Prestasi

Hasil yang dicapai berdasarkan usaha.

  1. Otonomi

Kemampuan untuk berdiri sendiri dan tidak dikontrol/dikuasai oleh orang lain.

 

 

 

 

 

 

 

2.Usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

Menetapkan Sasaran Satu Menitku

Aku mengajar diri sendiri tentang apa yang ingin kupelajari bila:

  1. Aku mengambil waktu berpikir dengan tenang tentang apa yang benar-benar kuinginkan untuk mengajar diri sendiri.Kemudian aku memutuskan apa yang menjadi sasaranku.
  2. Aku menulis sasaranku dengan kata ganti orang pertama,dan dalam waktu sekarang,seolah-olah aku telah mencapainya.(Misal: “Aku sedang menikmati nilai 100 dalam pelajaran IPA.”)
  3. Aku menulis sasaran-sasaranku dengan singkat ,sehingga aku bisa sering membacanya hanya dalam waktu satu menit.
  4. Aku menulis sasaranku secara spesifik . Aku menetapkan tanggal tertentu untuk mencapainya.(Misalnya: Aku sedang menikmati nilai 90 pada ujian Bahasa Inggris kamis ini.”)
  5. Aku memakai kata-kata yang menyenangkan hati. (Misalnya: Aku menikmati . .. ) Setiap membaca sasaranku,aku membayangkan betapa senang rasa hatiku.
  6. Aku mengambil waktu semenit,beberapa kali sehari,untuk berhenti dan melihat sasaran-sasaranku serta melihat perilakuku,kemudian aku melihat apakah perilakuku sesuai dengan sasaranku.

Pujian Satu Menitku

  1. Aku memuji diriku dengan segera
  2. Segera setelah aku melakukan sesuatu dengan benar,aku mengatakan kepada diriku secara spesifik apa yang telah aku lakukan dengan benar atau hampir benar.
  3. Aku katakan kepada diriku betapa aku merasa senang tentang apa yang telah aku lakukan dengan benar.Aku berhenti beberapa detik untuk merasakan keberhasilanku.
  4. Aku mengingat diriku bahwa aku memang seorang yang baik.
  5. Aku mendorong diriku untuk terus melanjutkan perilaku baik yang sama itu karena aku ingin segera merasa senang lagi,tentang perilakuku dan diriku sendiri.

 

Sumber (Daftar Pustaka) :

Sinurat,R.H.Dj.(2011).Kumpulan Handout Praktikum BK Karier.Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma.

– Spencer Johnson,M.D. & Constance Johnson,M.Ed.(Alih bahasa: Drs.SigitPurwanto, Editor: Yati Sumiharti.S.E.(2005). Menjadi guru satu menit. Jakarta:PT.Erlangga

 Image

Leave a Reply

