Contoh SPB Untuk SMA/SMK

RENCANA PELAYANAN BIMBINGAN

  1. Topik/Pokok Bahasan             : Nilai hidup 
  2. Tugas Perkembangan              : Belajar memantapkan segi positif dalam dirinya
  3. Bidang Bimbingan                  : Pribadi
  4. Jenis Layanan                          : Bimbingan kelompok/ klasikal
  5. Fungsi Layanan                       : Pemahaman, pemeliharaan dan pengembangan
  6. Standar Kompetensi               : Memiliki segi positif  yang jelas.
  7. Kompetensi Dasar                   : Menyadari segi positif dalam hidupnya
  8. Indikator

Agar peserta :  1. Dapat menyebutkan segi positif  dalam hidupnya.

 2. Dapat menjelaskan usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

                             memantapkan minimal satu segi positif dalam hidupnya.

 

  1. Tujuan Global                         : Peserta menyatakan bahwa kegiatan yang diikuti

  Bermanfaat baginya.

  1. Sasaran Pelayanan Bimbingan : Siswa Kelas X
  2. Materi Pelayanan                    :

1. Pilihan segi-segi positif dalam hidup.

2.Usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

                           memantapkan minimal satu segi positif hidupnya.

 

 

  1. Prosedur/Proses:

1. Metode(Pendekatan): Membaca,ceramah ekspresial;tanya jawab;diskusi.

2. Kegiatan dan Langkah-langkah (Prosedur):

 

Intrakulikuler

Kokulikuler

1. Menjelaskan tujuan dan membagi lembar pernyataan  “segi-segi positif”

Peserta diminta menuliskan manfaat dan kesan yang diperoleh dari pertemuan ini dalam bentuk pernyataan hasil belajar.

2. Memberi peserta kesempatan untuk memahami lembar   “segi-segi positif”(membaca dalam hati)

3. Mengajak peserta memilih peryataan sesuai dengan keyakinannya.

4. Mempresentasikan dalam kelompok kecil(terdiri 5 sampai 7 orang) alasan memilih peryataan tersebut.

5.Membantu peserta menyimpulkan hikmah dari kegiatan dan mengajak peserta membaca handout

6.Menjelaskan tugas (kegiatan kokulikuler)

7.Mengevaluasi kegiatan dan mengumpulkan balikan

 

  1. Tempat Penyelenggaraan        : Ruang Kelas
  2. Waktu (Tanggal,Jumlah menit: Kamis, 29 Agustus 2013,40 menit
  3. Penyelenggaran Pelayanan      : Agung Hananto
  4. Pihak-pihak yang Disertakan dalam Penyelenggaraan Pelayanan dan Peranannya Masing-masing: –
  5. Alat                                         : 1. 31 daftar segi-segi positif

  2. Daftar pertanyaan

  3. Handout

  4. Lembar Evaluasi (Pernyataan Hasil Belajar)

  1. Evaluasi

1. Spesifik:

                        1. Sebutkan segi positif  dalam hidupnmu!

 2. Dapat menjelaskan usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

                             memantapkan minimal satu segi positif dalam hidupnya !

 

2. Global:

Dalam kertas tersendiri –nama boleh ditulis,boleh tidak – peserta diminta menuliskan seberapa banyak manfaat kegiatan yang telah diikuti bagi dirinya sendiri,dengan membuat”pernyataan  hasil belajar”

  1. Rencana Tindak Lanjut                       : Peserta diminta memberikan balikan mengenai

kegiatan dan RPB ini.

  1. Catatan khusus                                    :

Guru Pembimbing                                                                         Praktikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PERTANYAAN

1. Dari 31 pernyataan “segi positif” manakah yang sesuai diri anda /anda inginkan?(pilih 5)

2. Usaha apa yang sudah anda lakukan untuk mencapai segi positif anda?

 

 

HANDOUT

  1. Nilai hidup yang mendasari pilihannya.

Berikut adalah contoh nilai hidup yang bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan segi positif anda :

  1. Kekuasaan

Mampu menguasai, menundukkan, atau mempengaruhi orang lain.

  1. Cinta

Rasa kasih sayang yang kuat, kemesraan, ikatan batin dan hubungan saling menghargai serta setia, saling menghormati,memikirkan kepentingan, kebutuhan dan kebaikan orang lain.

  1. Keindahan

Kemampuan untuk menghargai dan menikmati hal-hal yang indah, seras, bagus.

  1. Keadaan Fisik

Keadaan fisik yang serasi cantik/ganteng.

  1. Kesehatan

Keadaan yang selau segar, sehat dan tidak pernah sakit.

  1. Keterampilan

Kemampuan melakukan berbagai hal dengan tepat, cepat dan mudah.

  1. Rasa Sejahtera dan Aman

Bebas dari tekanan, kecemasan, dan konflik-konflik batin, hati damai, tenang dan tenteram.

  1. Pengetahuan

Memiliki informasi, kebenaran, prinsip-prinsip yang dapat memuaskan rasa ingin tahu, atau kemampuan untuk mengetahui apa yang diinginkan.

 

  1. Moral

Pemikiran, keyakinan, dan tindakan yang sesuai dengan norma-norma yang diterima di masyarakat.

  1. Keagamaan/Religiusitas

Memiliki iman yang kuat kepada  Tuhan Yang Maha Esa dan dapat hidup sesuai dengan ajaran agama.

  1. Keadilan

Sikap adil, sifat tidak memihak atau membeda-bedakan orang, menghargai kebenaran, fakta, mampu memperlakukan orang lain secara adil.

  1. Penghargaan/ Pengakuan

Merasa diri penting, berharga dan mendapat perhatian serta penghargaan dari orang lain.

  1. Kesenangan

Perasaan senang, puas, nikmat, gembira.

  1. Kejujuran

Keluhuran hati,ketulusan hati,kesungguhan hati, keterus-terangan.

  1. Prestasi

Hasil yang dicapai berdasarkan usaha.

  1. Otonomi

Kemampuan untuk berdiri sendiri dan tidak dikontrol/dikuasai oleh orang lain.

 

 

 

 

 

 

 

2.Usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

Menetapkan Sasaran Satu Menitku

Aku mengajar diri sendiri tentang apa yang ingin kupelajari bila:

  1. Aku mengambil waktu berpikir dengan tenang tentang apa yang benar-benar kuinginkan untuk mengajar diri sendiri.Kemudian aku memutuskan apa yang menjadi sasaranku.
  2. Aku menulis sasaranku dengan kata ganti orang pertama,dan dalam waktu sekarang,seolah-olah aku telah mencapainya.(Misal: “Aku sedang menikmati nilai 100 dalam pelajaran IPA.”)
  3. Aku menulis sasaran-sasaranku dengan singkat ,sehingga aku bisa sering membacanya hanya dalam waktu satu menit.
  4. Aku menulis sasaranku secara spesifik . Aku menetapkan tanggal tertentu untuk mencapainya.(Misalnya: Aku sedang menikmati nilai 90 pada ujian Bahasa Inggris kamis ini.”)
  5. Aku memakai kata-kata yang menyenangkan hati. (Misalnya: Aku menikmati . .. ) Setiap membaca sasaranku,aku membayangkan betapa senang rasa hatiku.
  6. Aku mengambil waktu semenit,beberapa kali sehari,untuk berhenti dan melihat sasaran-sasaranku serta melihat perilakuku,kemudian aku melihat apakah perilakuku sesuai dengan sasaranku.

Pujian Satu Menitku

  1. Aku memuji diriku dengan segera
  2. Segera setelah aku melakukan sesuatu dengan benar,aku mengatakan kepada diriku secara spesifik apa yang telah aku lakukan dengan benar atau hampir benar.
  3. Aku katakan kepada diriku betapa aku merasa senang tentang apa yang telah aku lakukan dengan benar.Aku berhenti beberapa detik untuk merasakan keberhasilanku.
  4. Aku mengingat diriku bahwa aku memang seorang yang baik.
  5. Aku mendorong diriku untuk terus melanjutkan perilaku baik yang sama itu karena aku ingin segera merasa senang lagi,tentang perilakuku dan diriku sendiri.

 

Sumber (Daftar Pustaka) :

Sinurat,R.H.Dj.(2011).Kumpulan Handout Praktikum BK Karier.Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma.

– Spencer Johnson,M.D. & Constance Johnson,M.Ed.(Alih bahasa: Drs.SigitPurwanto, Editor: Yati Sumiharti.S.E.(2005). Menjadi guru satu menit. Jakarta:PT.Erlangga

 Image

Juned (Riyawatmu kini)

“Dimana kawanku,inginku menyapa

 beri aku ruang,tempatkan diriku

 Dimana kawanku,semakin menjauh

 Beri aku arti,tak ingin berbeda”

 

Simple itulAH sebait lirik dari lagunya Padi,tak perlu neko buat menjadi pribadi yang diterima ditengah pergaulan. . .Jika ditanya apa modalmu dalam bersahabat atau menjalin relasi?

Jika pertanyaannya ditujukan kepada saya,ya karena saya orang sederhana(la meh neko2 ra nduwe bondo). . .tapi Kejujuranlah yang saya kedepankan dalam menjallin sebuah relasi. .

Kadang sulit untuk berkata jujur katanya si takut menyakiti hati sahabat kita,tapi jujur didepan lebih baek daripada dipendam malah jadi beban sialnya lagi jadi penyakit dan musibahnya lagi jadi Gemblung.

 Pernah saya bertanya sama Preman,”mas sekarang dah berhenti minum ya?” dia menjawab sambil senyum2 sendiri malah takut saya,saya pikir dia nafsu ma saya. . .”iya mas dah insaf saya sekarang gini mas(angkat kedua tangan kedepan muka gaya orang mau sholat)

 

 

dalam hati saya hebat bener ne orang bisa insaf padahal dlu pernah bunuh 110 orang dlm waktu satu menit,Tapi ko malah ketawa2nya pak preman semakin menjadi la yo tak tanya lagi. . “kenapa ketawa pak?”,,,”nggak mas,mas tau maksud saya angkat tangan? hahaha”

‘maksud bapak Sholat kan pak??. . (penasaran).”ah mas sok tau..maksud bapak tu sekarang minumnya pake Galon biar mantep”…hadewwwww. . .

 

Memang dunia ini semakin gila,kemaren saya naek bus ada bapak2 tiap menit tu sok sibuk dengan HP nya(sebenernya iri saya,bapak2 aja bisa exist saya yang muda malah ngk bunyi HP nya.Sekali bunyi eh…Laporan Masa Tenggang habis).

Ya mungkin Hp baru ya beliau jadi sok exist,”hallo,hallo?Santi? . . .piye  kabere?apek?motore sing pak de tukoke wes tekan?”. . .sombongnya orang ini.

(unsur sirik lagi),la saya pe segede gini masih ngangkot.

“yowes diopeni,nek perlu tukokke koco karo lem alteco”wah dalam hati tu motor buat dipake apa mau dimuseumkan.

 

Wah emang homoris nie orang. . .telpon lagi dia ma orang Semarang. . .”Dedi,piye kabare?kapan keSOlo?”. . .”wah kowe kok kere wae ton ded ded,,,La mbok pelihara tuyul2 second lho ben sugih..hahahhha(ketawa tu bapak). . .heh ded,kowe ngopo ng semarang,semarang kie kaline banjir

heh ded,ded,ded,rungoke sek ded,heh ded..”(keras sampai semua penumpang noleh ketempat tu bapak) dan dimatiinLah tu hp,emang jaman sekarang dunia terbalik. . .yang muda merana yang tua semakin menggila.

 

Asik lo mbahas soal cinta man!!!. . .pernah ne gue(gaul sekarang),guee punya temen SMA yang masyaallah gaul n tajir walau tampang tipe 45 tua gitu.Namanya Juned.

Dia punya masalah satu,ngk pernah berani mengungkapkan  rasa sayangnya sama orang yg dia sayang. Jangankan pacar la mau minta tambah uang jajan sama ibunya aja ngk berani coy. . .lidik punya lidik ternyata dia trauma gan,Pernah dia menyatakan cinta ma cewek katakan saja BUnga. . .

Setelah PDKT dengan bunga kurang lebih 2minggu lebih 2 jam akhirnya Juned memberanikan diri menemui pujaan hatinya. Tepatnya hari sabtu malem minggu Juned kerumah Bunga dengan mobil yang inisial mobilnya Jazz dengan penuh suka cita. Preketeeekkksuara pintu terbuka dan Nampak ibu2 tua dengan senyum mempesonanya menyambut juned. “Cari siapa nak?”Tanya ibu tua “ Maaf nek, ehhm benar ini rumahnya Bunga?”lo soal sopan santu memang juned juara deeh.

“Owhh bunga? Ada tu didalam, masuk nak  . . .sebentar nenek panggilkan”Juned sambil masuk dan nenek juga masuk lebih dalam bedanya nenek kedapur manggil bunga juned cukup diruang tamu.

Muncullah bunga dari balik tirai dengan senyum manisnya, “Lemet ….”panggil bunga kepada juned.

Otomatis juned kaget, nama dia juned kok dipanggil lemet(makanan khas jawa,yang pake gula jawa tuu nenek gue lo buat enak banget lhoo,,,plllakkkk malah curhat).

“Maaf Bunga ini Juned, bukan lemet”(dengan muka mupeng dan penuh malu).

 “Oyaa ya, maaf aku barusan makan lemet buatan nenek jadi salah deeh manggil kamu, ehmm ngomong2 kok kesini. Ada apa ya?”

Singkat cerita setelah Juned ngebrel2 lama dengan  bunga, akhirnya tiba saatnya Juned mengungkapkan isi hatinya. . ..

“Bunga, , , sebenarnya ak . . .ak . . akku kesini Cuma mau ngo ngo ngomonng sesuatu sama kamu . . .”mulai keringat dingin  . . . dan kaki pegel(soalnya dari tadi ngobrolnya lesehan).

Dengan santai bunga menjawab “ Mau ngomongi apa Jun? soal makan kemaren?apa soal …..“ dengan senyum mempesona tak kalah dari neneknya tadi

“Buk bukkan itu bunga . . .Aku tegang,(%^%^%^)minta minum dong”Maklum selama 2 jam ngobrol Juned blm dikasih minum, ada buah tapi Cuma buah replika doang.

Mendengar kata tegang Bunga pun langsung Njundil(schok), , ,tapi mendengar kata minum bunga pun tau, jika Juned memang haus.

“Ohh maaf Jun, aku nggak ada air dingin, Dari tadi pesen gallon nggak dateng2… adanya air termos kamu mau?”

“Ya nggak papa Bung, dari pada aku kekeringan “bergegaslah bunga mengambil air panas. . .

Disaat bunga mengambil minum Juned berpikir cara yang paling tepat mengungkapkan isi hatinya namun terdengar suara dari dapur bunga. . .

“Minuman panas buat siapa mah? . . .”

“Haaaah Ma?mama?(dalam hati juned, bukannya tadi dirumah Cuma ada bunga dan neneknya)terus siapa yang memanggil mamah dan siapa mamah itu.

Ini jun air panasnya, , ,”dengan senyum yang aduhai . .

Sambil melihat senyum bunga juned pun menjawab”iya” sambil mengangkat minuman untuk dia tenggak dan tanpa sadar dia meminum air panas . . .

Krumpyaaangg , , ,, gelas terlemparr “BuuuaaaAAHHAAHAA…Panasss panassss” . . .tangan juned mengipas-ipas mulutnyaaaa. . .

“Kamu kenapa Jun?”Tanya Bunga

Dalam hati Juned berkata “wah ni wanita sakit apa gila apa malah sakit gila, orang kepanasan ditanya kenapa”

“Panas Bung, Panas. . .”

Tiba-tiba keluarlah dari dalam rumah Bunga seorang lelaki usia setengah abad dengan menggendong bayi kira2 usia setengah tahun.

“Bunga itu siapa?Ayah kamu?”Tanya Juned

“Maaf Om, saya kepanasan”UcAP Juned kepada bapak2 itu

“Ohh kamu kepanasan gara-gara minum air buatan mama nya Dinda ya?”sahut om setengah abad yang sudah rata dengan kulit kepalanya

“Hahhh???”juned binggung. . .”Ibunya dinda?”

“Bayinya namanya dinda ya om?” . .. “iya mas”

Juned bertanya2 dalam hati. . .”aH masak nenek2 tua yang tadi mbukain pintu itu bisa punya anak lagi?kan udah 70tahun”

 

“OyA om,tadi bukan ibunya Dinda yang buat tapi anak om si Bunga  . . .”sudah cukup reda rasa panas dilidah dan juned sedikit ngeweh ngeweh . . .

Si Om pun tersenyum. . .

“Kenapa Om? “Tanya Juned penarasan dengan senyuman si Om

“nggAK papa mas, iya tadi yang buatin minum mas tu Bunga ibunya Dinda”jawab om santai

“Hahhhh??(JUned schokk)”rasanya ingin menenggak lagi air panas yang dibuatin dinda.

“Maksud Om, bunga istri om?la terus nenek2 tadi siapa?”Tanya Juned dengan hawa panas luar dalam.

“Iya mas, ini Dindahasil kerja keras kami berdua”(tersenyum).”Kalo nenek tapi itu mertua saya mas. . .”

“Apaaa????”Juned pun lemah tak berdaya, , , tanpa ada kata pamit juned pun keluar rumah Bunga. Juned hancur, Juned nestapa, Juned Gembira eh salah maksudnya Juned merana. Ternyata selama ini Bunga yang dia damba sudah punya suami . . .

Tapi emang nggak bisa disalahi si, soalnya Bunga adalah penjual makanan  kantin sekolah yang masih muda usia bukan siswa SMA.

Begitulah pengalaman teman Gue, si Juned. Miris memang tapi ya nasib  . . .nggak ada yang tau.

 

 

 

Jangan sia-siakan masa muda

Darah muda darahnya para remaja . . .ya itu sebait lirik lagu karya maestro dangdut Indonesia Hj Rhoma Irama. Lagu yang singkat namun memiliki arti yang dalam jika kita mampu menyelami makna kata tersebut. “Biasanya para remaja berpikirnya sekali saja, tanpa menghiraukan akibatnya” . . .ya itulah jiwa muda dan pemuda, semangat juang yang menggebu-gebu kadang melupakan logika. Semua keputusan dalam hidupnya selalu saja diputuskan tanpa pikir panjang. So buat rekan -rekan remaja berpikrlah berulang -ulang sebelum membuat keputusan . .  . .

Rencana Pelayanan Bimbingan model baru

RENCANA PELAYANAN BIMBINGAN

  1. Topik/Pokok Bahasan              : Nilai hidup 
  2. Tugas Perkembangan                : Belajar memantapkan nilai hidupnya
  3. Bidang Bimbingan                     : Pribadi
  4. Jenis Layanan                           : Bimbingan kelompok/ klasikal
  5. Fungsi Layanan             : Pemahaman, pemeliharaan dan pengembangan
  6. Standar Kompetensi                 : Memiliki nilai-nilai hidup yang jelas/
  7. Kompetensi Dasar                    : Menyadari nilai-nilai hidupnya
  8. Indikator

Agar peserta :   1. Dapat mengidentifikasi nilai hidup yang mendasari pilihannya.

 2. Dapat menjelaskan usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

                             memantapkan minimal satu nilai hidupnya.

 

  1. Tujuan Global               : Peserta menyatakan bahwa kegiatan yang diikuti

  Bermanfaat baginya.

  1. Sasaran Pelayanan Bimbingan : Siswa Kelas XI
  2. Materi Pelayanan                      :

1. Nilai hidup yang mendasari pilihannya.

2.Usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

                           memantapkan minimal satu nilai hidupnya.

 

 

  1. Prosedur/Proses:

1. Metode(Pendekatan): Membaca,ceramah ekspresial;tanya jawab;diskusi.

2. Kegiatan dan Langkah-langkah (Prosedur):

 

Intrakulikuler

Kokulikuler

1. Menjelaskan tujuan dan membagi lembar pernyataan  “orang ajaib”

Peserta diminta menuliskan manfaat dan kesan yang diperoleh dari pertemuan ini dalam bentuk pernyataan hasil belajar.

2. Memberi peserta kesempatan untuk memahami lembar   “orang ajaib”(membaca dalam hati)

3. Mengajak peserta memilih peryataan sesuai dengan kebutuhannya

4. Mempresentasikan dalam kelompok kecil(terdiri 5 sampai 7 orang) alasan memilih peryataan tersebut.

5.Membantu peserta menyimpulkan hikmah dari kegiatan dan mengajak peserta membaca handout

6.Menjelaskan tugas (kegiatan kokulikuler)

7.Mengevaluasi kegiatan dan mengumpulkan balikan

 

  1. Tempat Penyelenggaraan          : Ruang Kelas
  2. Waktu (Tanggal,Jumlah menit: …;45 menit
  3. Penyelenggaran Pelayanan        : Agung Hananto
  4. Pihak-pihak yang Disertakan dalam Penyelenggaraan Pelayanan dan Peranannya Masing-masing: –
  5. Alat                                          : 1. 12 pernyataan orang ajaib

  2. Daftar pertanyaan

  3. Handout

  4. Lembar Evaluasi (Pernyataan Hasil Belajar)

  1. Evaluasi

1. Spesifik:

                        1. Identifikasikanlah nilai hidup yang mendasari pilihannya!

2. Jelaskanlah usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

                            memantapkan minimal satu nilai hidupnya!

 

 

2. Global:

Dalam kertas tersendiri –nama boleh ditulis,boleh tidak – peserta diminta menuliskan seberapa banyak manfaat kegiatan yang telah diikuti bagi dirinya sendiri,dengan membuat”pernyataan  hasil belajar”

  1. Rencana Tindak Lanjut                         : Peserta diminta memberikan balikan mengenai

kegiatan dan RPB ini.

  1. Catatan khusus                         :

PERTANYAAN

1. Dari 10 pernyataan “orang ajaib” manakah yang sesuai kebutuhan /anda inginkan?(pilih 3)

2. Usaha apa yang sudah anda lakukan untuk mencapai kebutuhan anda?

 

 

HANDOUT

  1. Nilai hidup yang mendasari pilihannya.

Berikut adalah contoh nilai hidup yang bisa menjadi pertimbangan dalam menentukan nilai hidup anda :

  1. Kekuasaan

Mampu menguasai, menundukkan, atau mempengaruhi orang lain.

  1. Cinta

Rasa kasih sayang yang kuat, kemesraan, ikatan batin dan hubungan saling menghargai serta setia, saling menghormati,memikirkan kepentingan, kebutuhan dan kebaikan orang lain.

  1. Keindahan

Kemampuan untuk menghargai dan menikmati hal-hal yang indah, seras, bagus.

  1. Keadaan Fisik

Keadaan fisik yang serasi cantik/ganteng.

  1. Kesehatan

Keadaan yang selau segar, sehat dan tidak pernah sakit.

  1. Keterampilan

Kemampuan melakukan berbagai hal dengan tepat, cepat dan mudah.

  1. Rasa Sejahtera dan Aman

Bebas dari tekanan, kecemasan, dan konflik-konflik batin, hati damai, tenang dan tenteram.

  1. Pengetahuan

Memiliki informasi, kebenaran, prinsip-prinsip yang dapat memuaskan rasa ingin tahu, atau kemampuan untuk mengetahui apa yang diinginkan.

 

  1. Moral

Pemikiran, keyakinan, dan tindakan yang sesuai dengan norma-norma yang diterima di masyarakat.

  1. Keagamaan/Religiusitas

Memiliki iman yang kuat kepada  Tuhan Yang Maha Esa dan dapat hidup sesuai dengan ajaran agama.

  1. Keadilan

Sikap adil, sifat tidak memihak atau membeda-bedakan orang, menghargai kebenaran, fakta, mampu memperlakukan orang lain secara adil.

  1. Penghargaan/ Pengakuan

Merasa diri penting, berharga dan mendapat perhatian serta penghargaan dari orang lain.

  1. Kesenangan

Perasaan senang, puas, nikmat, gembira.

  1. Kejujuran

Keluhuran hati,ketulusan hati,kesungguhan hati, keterus-terangan.

  1. Prestasi

Hasil yang dicapai berdasarkan usaha.

  1. Otonomi

Kemampuan untuk berdiri sendiri dan tidak dikontrol/dikuasai oleh orang lain.

  1. Kesetiaan

Keteguhan hati dalam persahabatan,dalam ikatan dengan kelompok atau lembaga tertentu.

  1. Kekayaan

Memiliki banyak harta benda yang berharga dan uang yang banyak.

 

 

 

 

 

 

 

 

2.Usaha-usaha yang perlu dilakukan untuk

    memantapkan minimal satu nilai hidupnya

Menetapkan Sasaran Satu Menitku

Aku mengajar diri sendiri tentang apa yang ingin kupelajari bila:

  1. Aku mengambil waktu berpikir dengan tenang tentang apa yang benar-benar kuinginkan untuk mengajar diri sendiri.Kemudian aku memutuskan apa yang menjadi sasaranku.
  2. Aku menulis sasaranku dengan kata ganti orang pertama,dan dalam waktu sekarang,seolah-olah aku telah mencapainya.(Misal: “Aku sedang menikmati nilai B dalam pelajaran Logika.”)
  3. Aku menulis sasaran-sasaranku dengan singkat ,sehingga aku bisa sering membacanya hanya dalam waktu satu menit.
  4. Aku menulis sasaranku secara spesifik . Aku menetapkan tanggal tertentu untuk mencapainya.(Misalnya: Aku sedang menikmati nilai A pada ujian Bahasa Inggris kamis ini.”)
  5. Aku memakai kata-kata yang menyenangkan hati. (Misalnya: Aku menikmati . .. ) Setiap membaca sasaranku,aku membayangkan betapa senang rasa hatiku.
  6. Aku mengambil waktu semenit,beberapa kali sehari,untuk berhenti dan melihat sasaran-sasaranku serta melihat perilakuku,kemudian aku melihat apakah perilakuku sesuai dengan sasaranku.

Pujian Satu Menitku

  1. Aku memuji diriku dengan segera
  2. Segera setelah aku melakukan sesuatu dengan benar,aku mengatakan kepada diriku secara spesifik apa yang telah aku lakukan dengan benar atau hampir benar.
  3. Aku katakan kepada diriku betapa aku merasa senang tentang apa yang telah aku lakukan dengan benar.Aku berhenti beberapa detik untuk merasakan keberhasilanku.
  4. Aku mengingat diriku bahwa aku memang seorang yang baik.
  5. Aku mendorong diriku untuk terus melanjutkan perilaku baik yang sama itu karena aku ingin segera merasa senang lagi,tentang perilakuku dan diriku sendiri.

 

Pernyataan orang ajaib

 

  1. Orang ajaib ke satu : Ia selalu membantumu untuk mencapai apa yang  kamu inginkan.
  2. Orang ajaib ke dua  : Ia memastikan bahwa anda akan selalu mempunyai uang yang cukup keperluan anda.
  3. Orang ajaib ke tiga     : Ia memastikan anda selalu dapat menolong orang lain
  4. Orang ajaib ke empat : Ia memastikan anda selalu menjadi pemimpin/ketua
  5. Orang ajaib ke lima    : Ia memastikan bahwa anda akan selalu mendapat pujian dari orang lain
  6. Orang ajaib ke enam  : Ia akan menjamin bahwa anda akan mendapat perhatian dan penghargaan yang cukup atas usaha anda.
  7. Orang ajaib ke tujuh   :Ia memastikan anda bahwa anda mendapatkan banyak kesempatan mengikuti dan menikmati bermacam-macam kesenian.
  8. Orang ajaib ke delapan:Ia menjamin bahwa anda  selalu dilayani dan selalu merasa aman.
  9. Orang ajaib ke sembilan:Ia dapat memastikan bahwa anda akan menghasilkan banyak hal yangn baru/kreatif dalam kehidupan anda.
  10. Orang ajaib ke sepuluh: Ia menjamin bahwa anda akan banyak berjasa dalam membantu orang lain dan dapat memperbaiki kehidupan dunia.
  11. Orang ajaib ke sebelas: Ia dapat menjamin bahwa anda selalu dapat menggunakan bakat ,kemampuan dan keterampilan anda sebaik mungkin.
  12. Orang ajaib ke duabelas:Ia menjamin bahwa anda akan mengalami beberapa tantangan dan akan memberi kesempatan menanggung banyak resiko.

 

 

 

Sumber (Daftar Pustaka) :

Sinurat,R.H.Dj.(2011).Kumpulan Handout Praktikum BK Karier.Yogyakarta: FKIP Universitas Sanata Dharma.

– Spencer Johnson,M.D. & Constance Johnson,M.Ed.(Alih bahasa: Drs.SigitPurwanto, Editor: Yati Sumiharti.S.E.(2005). Menjadi guru satu menit. Jakarta:PT.Erlangga

 Image

Dampak Ketidaksetaraan Gender

Dampak atau akibat ketidaksetaraan gender bagi perkembangan pribadi
Dahulu R.A. Kartini sudah melakukan sebuah pergerakan emansipasi wanita namun sepertinya semangat beliau kandas oleh perkembangan jaman. Wanita jaman sekarang seperti seperti lupa dengan apa yang dicetuskan oleh ibu Kartini,kembali lelaki menguasai segala bidang. Diera sekarang memang ketika ibu Megawati diangkat menjadi presiden RI sepertinya wanita akan menjadi pelopor perubahan bangsa Indonesia namun tidak sampai berakhir jabatan beliau sudah digantikan oleh K.H. Abdul Rahmanwahid. Dan sekarang ini yang terjadi dibangsa kita diantaranya :
1. Ketidaksetaraan peran dalam keluarga
Dalam keluarga terutama keluarga jawa,masih menganut budaya lama yaitu wanita hanya “konco wingking” yaitu kerjanya hanya didapur memasak dan laki-lakilah yang mencari uang. Hal ini dikarenakan laki-laki akan merasa tidak bertanggung jawab jika mereka yang berdiam diri dirumah sedangkan istrinya yang harus mencari nafkah. Pemberian pemahaman akan pentingnya persamaan gender,agar seorang pria bisa memahami dan menyadari bahwa bisa menerima perannya dalam keluarga yang tidak selalu menjadi pencari nafkah.

Dampak terhadap kehidupan keluarga :
• Terjadinya KDRT dikarenakan masakan istri yang tidak enak/tidak sesuai dengan keinginan sang suami.
• Suami yang egois karena merasa yang mencari uang sehingga istri diperlakukan sesuka sang suami.
• Istri tidak berkembang dalam arti hanya didapur,dalam rumah tanpa memiliki pengetahuan didunia luar.

2. Ketidaksetaraan dalam bidang pekerjaan
Seorang wanita tidak pantas untuk bekerja lembur sampai pagi,karena ketika seorang wanita bekerja hingga larut warga sekitar akan mengganggap wanita tersebut tidak baik. Sedangkan ketika seorang laki-laki mau pulang kerja jam berapa pun tidak akan jadi masalah. Alibi yang sering diberikan oleh pria yaitu karena kerjaan kantor menumpuk, panggilan luar kota sehingga harus pulang larut bahkan sampai beberapa hari. Hal ini mengakibatkan :

• Suami marah-marah dirumah karena istri tidak bisa memenuhi kebutuhan dirumah,karena suami pengangguran dan mengandalkan wanita yang bekerja tidak menentu. Istri lembur dimarahi suami sedangkan jika kerja tidak penuh uang yang dihasilkan tidak mencukupi untuk keluarganya.
• Suami akan merasa terhina jika istri memiliki pekerjaan yang lebih baik darinya. Dan hal ini kadang yang membuat laki-laki kadang melakukan KDRT terhadap istrinya.

3. Ketidaksetaraan dalam bidang pendidikan
Laki-laki harus memiliki tingkat pendidikan yang lebih baik dari perempuan dikarena laki-laki kelak akan menjadi pemimpin dan pencari nafkah untuk keluarganya. Hal ini mengakibatkan:

• Wanita tidak mendapatkan pendidikan sesuai dengan keinginannya, misalnya di desa yang pelosok wanita cukup lulus SMP dan hanya menunggu pinangan dari laki-laki.
• Wanita dianggap remeh oleh pria karena seorang pria merasa lebih tinggi pendidikannya sehingga semena-mena terhadap wanita.

Sepercik cinta pengamen jalanan part 2

Azan subuh terdengar saling bersahutan dipagi yg msih gelap(iyalah,secra gtu msih subuh). . .”Sar,Sar..bngn,loe mau sholat ngk? . . .(sambil tersenyum). . .”Dasar loe Jono gilAK,Mandi aja gue jrag mau sholat,,udah tdur lgi”. . .

Teriakan ayam warga sudah sangat keras dan memekakkan telinga dua anak setan  ini. . .

 

“JOn,joN, , ,bngn jOn”jono pun menjawab dngan jengkelnya “apa2an si km Sar,gue msih  ngantuk nee,,udah ayo tdur lgi, , ,sni jadi guling gue ahahhahahaa(ngakak)” . . “dasar MUpeng!”ketus si Sari. . .saMpai sianjg menjelang merekapun hanya tdur dPos ronda yg tdak lgi dfunsikan tersebut, ,,dan jelang sore menjelma(sok puitis)mereka berdua pun bersiap2 melakukan rutinitas mencari uang untuk biaya hdup dan byar utang maklum bang ben dah nagih2 terus. . .

 

“JOn,ne hari kita ngemen dmna ne?”tnya si Sari.  . .”tempat biasa aja to?”.(sambil menyetel gtar tuanya yg sebernya udah tk layak pakai). . .”ah bosen gue Jon,gmna klo diBIs KOta ?kan asyik bisa sekalian traveling?”. . .(dengan senyum mnisnya)

“gAYa loe Sar pol sAR POl,traveling2 kyk org gedongan aj loe,tp boleh jg ide loe saR,,ok deh kt meluncur” dan mereka berdua pun akhirnya memutuskan untuk mengamen di bus yang mereka sendiri tidak tau bus yg akan mereka naiki itu jurusan mana.Tepat dipertigaan terminal Tirtonadi mereka naiklah kebus dan tanpa bsa basi dngan PDnya mereka bernyanyi . . .zzZzzzzZzzz….

 

“Pak kondektur(tnya si Sari)”yo opo mbak?” . . .”ini ntar busnya sampai mana ya?balik ketempat tadi ngk?”tnya sari dngan senyum khasnya.”yo balik mbk tapi ssok sore”Sari dan jono pun kaget!!!!.  “yang bener pak?serius pak?trs kita berdua gmna dong pak?!(bingung)”       pak kondektur pun menjawab “la kwe kan pengamen wes biasa turu,sak ngon ngon to?la aslimu ndi cah bagus?”pak kondektur yg benar2 ramah dan baik hati tapi sombong hahahahaa). . .

3442077p4082282188_a89967efbe

“AKU aslinya Jombang pak. . .dan teman saya ini aslinya soLO. . .”jono menjelaskan pada bapak kondektur. . .”ya wes engko kowe cah loro miduk jombang wae,ben bali omah adus ben ketok bagos lan ktm wong tuo”kata pak kondektur dengan bijaknya. . .

 

Jono pun yang asli jombang yang kebetulan orang tuanya kerja diluar negeri dan pulang tiap satu tahun sekali pun berfikir kenapa tidak pulang saja.Kebetulan si sARI MAU diajak pulang kerumah Jono yg kebetulan dirumahnya hanya aada nenek JOno yg sudah renta..  ..”udah ntr km ikut gue balik rumah,ambil bju sama mandi”terang jono. . .”terus ntr lo ketahuan nenek loe gmna jON,gue kan ngak enak hati, , walau pun aku kyk gni tp gue mash punya muka”. .

“halah udah tenang aja,ya emg loe punya muka tp muka mesum hahahaa(jono yg sllu bergurau)”. . .JOno pun memberi tahu si Sari cara msuk rumah Jono dengan cra aman tp tidak patut ditiru. . .yaitu lompat lewat celah dekat kamar mandi yg kebetulan terletak dipaling belakang rumah ditambah ruang tidur nenek yng terletak didepan.

 

sesampainya didepan rumah jono si sARI PUN Tersepona dengan rumah jONO yg besar megah dan mewah alias mepet sAWAH. . .”joN rumah loe kayak istana ya, , loe knp ngk betah si. . .kalo gue pnya rumah kyk gni gue bkalan gue jadiin pasar rakyat biar rame”(sambil menggeleng2kan kepala). . . “ah loe sar,udah Ayo skg kta msuk. . .”mengendap2 menuju belakang rumah.  .  .Jono pun mulai masuk lewat atap kamar mandi. . .”Ya sar dorong”(berkata berbisik,sambil mendorong kaki si Jono AGR bsa msuk kelorong kmr mndi).”dah belum jOn,beratne”. . “dah pelan pelan sar, ,, saR pelan saR,,pelalaaaaaaaaaan”JEGGUUURRRRRRRRRRRRRRR. . .(masuk kekolam air). . .”SIAALAAN!!!”SEru si jono. . sari pun. . “jON.JOn?loe ngk papa?kok kyk ada suara orng mandi?”(sialan emg ada yg lgi mndi tp terpaksa krna musibah). . .

“ngk papa apanya,gue msuk kolam ne, , ,dah dbilang pelan pelan malah lo tendang pantat gue”(kesal). . .(dengan berbisik)”hahahhaha,,sory jOn,,,Udah angap aja tu biar km sekalian mndi. . .tp ne nenek loe kok ngk dengar ya jon?msih AMAN ne?”(galau si sARI). . .”udah tenang aj,nenek gue tu dah Budeg lgian gue dah biasa lwat sni,maNA TANGAN loe cpt naek”. . .dan didalam kAMaR..EH RUMAH Maksudnya. . . .. . hahahaha to be continu

AKU ? ya aku

Nama saya Agung Hananto,lahir di kota Purworejo 18 Februari 1991.Pendidikan saya :

TK Ratna Siwi Kalinongko

SDN Kalinongko

SMP Bruderan Purworejo 2003-2006

SMA Bruderan Purworejo 2006-2009

Universitas Sanata Dharma Yogyakarta 2010- . . .

Hobi saya menulis puisi,cerpen,buat lagu,dan bermain musik.Saya memiliki grup band yang bernama HIPSI Band,sekarang saya sedang fakum dalam band dan lebih fokus pada studi saya.Sekian perkenalan saya . . .salam !!!!SP_A0262